Selasa, Jun 10, 2008

KRITIKAN

  • Makna kritik adalah tafsir. Tafsir memiliki jumlah kemungkinan yang tak terkirakan. Semua tafsir jadi semacam teropong, alat ukur mutual sebuah karya yang dijalankan kritikus secara profesional dan objektif

  • Karya sastera berlimpah tapi miskin pembaca, sepi kerja tafsir yang memungkinkan membangun lorong pemaknaan baru dan lain. Intinya kritik yang mencerahkan. Karya sastera dan kritik sastera seakan terpisah, tak menjalin semacam jaringan atau hubugnan yang saling memiliki dan membangun nilai-nilai produktif. Sinyalemen ini berjalan tanpa ralat yang bererti dan semakin berlarut-larut, saling tuduh dan menjatuhkan. Sasterawan dan kritikus kian berada dalam ketegangan yang rawan.

  • Nama-nama senior yang sudah pudar kemampuan kreatifnya masih juga dikenang-kenang dan dirindu-rindukan. Sedangkan nama-nama junior yang masih segar-produktif (di)-marginal-(kan~) dalam peta sastera terkini. Ada semacam ketidakobjektifan dan disorientasi dalam peta sastera kita saat ini yang harus segera 'diralat' agar tak terjebak pada citra stagnant.

  • Kritik sastera dalam perspektif komunikasi akan menciptakan efek promosi yang berpengaruh terhadap citra karya sastera. Kadar efek juga akan berbeza yang dipengaruhi juga oleh kredibiliti kritikus. Kritik sastera bukanlah perkara sederhana, bahkan kerap lebih menjadi 'penentu' nasib karya sastera ketimbang karya sastera itu sendiri. Maka kritik sastera harus serius bila ingin mendapatkan atmosfera sastera yang kondusif, maju dan produktif. Kritik sastera yang serius adalah kritik yang menyelam ke dalam teks secara intens dan integrited, bukan sekadar catatan ringan seperti kesan selintasan hasil dari berenang-renang sebentar di permukaan atau memotret dari kejauhan. Kerja kritik adalah usaha melakukan pendekatan yang jujur terhadap teks, bukan penjauhan yang justru banyak melakukan pengingkaran terhadap teks. Secara objektif, majoriti kritik sastera kita saat ini bekerja tanpa disiplin yang tinggi dan jumlahnya sangat minimum dibandingkan dengan pertumbuhan karya sastera saat ini.

Tiada ulasan: